Wednesday, April 09, 2014

Bismillah INDONESIA 1936 Saka (2014 M)

Semut Geni Manjing Nata - Caturanku Ora Mbolak Mbalik

Malam tahun baru 2014 ketika seorang teman menanyakan kepada saya, "apa sengkalan untuk tahun baru ini mas?", Waduuuuh... saya bingung menjawabnya karena saya hanya terbiasa membuat sengkalan untuk menandai tahun -tahun keluarnya album-album Genk Kobra.
seperti :
  • Album 1 Ngayojokarto - tahun 2002 M / 1924 Saka "Ketok Mata Gedhe Dhewe" artinya : Jelas terlihat paling besar.
  • Album 2 Sithik Edhing - tahun 2005 M / 1927 Saka " Resi Kembar Hanggatra Bumi" artinya Dua Resi menata bumi
  • Album 3 Kembang Lambe - tahun 2007 M / 1929 Saka " Gangsa Kapindho Kusumaning Jagad" artinya : Gamelan kedu, bunganya dunia
  • Album 4 Untuk Novel Kembang Seruni 2009 M / 1931 Saka " Sejatine Padhang Sumuring Ati" artinya : Sejatinya terang sumurnya hati
  • Album 5 Kartosuro - tahun 2011 M / 1933 Saka "Suryo Katon Ing Gapura Praja" artinya : Matahari telah mulai tampak di gerbang negara/wilayah
Sambil kebingungan saya jawab "sik yoo.. tak ngalamun karo mikir". jawab saya, agar teman saya tidak gelo, karena teman saya ini juga suka dengan sengkalan sengkalan tahun jawa.

Saya mulai mengkonversi tahun Masehi 2014 ke tahun saka yang akhirnya ketemu angka 1936. namun kembali saya dipusingkan dengan kata kata yang tepat untuk angka-angka tersebut hingga bisa saya susun menjadi kalimat yang bermakna.

Sebagai gambaran singkat, dalam kalimat sengkalan, setiap angka diganti dengan kata/nama yang mengandung pengertian/makna/karakter/konotasi angka. dan angka tahun dibaca dari belakang/kanan, contoh : tahun 1927 Saka, maka dibaca 7291 Resi (7) Kembar (2) Hanggatra (9) Bumi (1).

Jadi kini saya harus menemukan kata yang tepat untuk angka 6. sebagai angka awal / kata awal dari 1936. Kata awal itulah yang akan menentukan pemilihan kata selanjutnya menjadi kalimat yang bermakna .

Kebetulan malam itu hawane sumuk tenan, karena musimnya memang lagi musim gak jelas antara penghujan dan kemarau. sambil duduk lesehan di lantai tiba-tiba "mak cekiiit" kaki kanan saya terasa ada hewan kecil yang menggigit. saya pikir digigit nyamuk, eeeeh ternyata banyak semut yang ikut ngisis karena mungkin hawanya juga gerah sekali didalam tanah. jadi mereka pada keluar dari tanah mencari angin segar. tapi kok ya iseng nyokot sikil to yo muuut semuuut.

Sambil garuk garuk kaki dan menggeser posisi duduk, saya perhatikan terus rombongan semut itu. "Lhaaaa iki jebule" dalam benak saya, memang ide itu tidak bisa disangka-sangka darimana datangnya. 'Semut itu kan hewan berkaki enam", maka dengan kejadian dicokot semut itu, saya menemukan kata awal dari sengkalan 1936, yaitu Semut.

Kata selanjutnya adalah mewakili angka 3 (bersifat panas), kok ya kebetulan barisan semut itu adalah semut merah yang di daerah saya disebut dengan semut geni (geni bersifat panas). tinggal saya sambung dengan angka manjing (9) dan nata (1) sehinggga terangkai sebuah kalimat "Semut Geni Manjing Nata) yang dalam bahasa indonesia berarti semut merah menjadi raja.

"Wis ketemu ndaa" sambil ngeplak punggung teman saya yang asyik nonton TV.

"opo mas?" kata teman saya, sambil tetep saja nonton TV.

"Semut Geni Manjing Nata" jawab saya sambil saya terangkan tiap angka-angkanya.
dan teman saya manggut manggut seneng, lalu bertanya lagi "Lha kalau 2014 gimana?".

"Yo gampaaang.....papat kuwi "catur", siji kuwi "aku", kosong kuwi "ora", loro kuwi "mbolak-mbalik". jawabku sambil nyruput kopi yang mulai dingin.

"apik to ? Caturanku Ora mbolak-mbalik 4102.. he he he" . sahutku sambil nonton ekspresi wajah temanku yang lucu karena mengangguk-angguk sambil mengernyitkan dahinya (mungkin bingung ning ora wani protes).

Obrolanpun berlanjut hingga menjelang subuh. dan akhirnya teman saya pamit pulang karena paginya harus mengantar dagangan ke pasar.

Setelah teman saya pulang, kini tinggal saya sendirian yang ganti termangu mangu sendiri tak habis fikir. dalam benak saya berkecamuk berbagai pertanyaan, "Kenapa tadi bisa ada sengkalan Semut?. kenapa kok ada Catur dan lain sebagainya", ditambah lagi sepengetahuan saya tentang hal sengkalan. meskipun baru sedikit saja saya kenal tentang ilmu sengkalan, tapi ada hal pokok yang saya fahami tentang sengkalan.

Sengkalan biasanya dibuat untuk hal-hal atau peristiwa-peristiwa yang telah terjadi. umpamanya sengkalan untuk album Genk Kobra, saya buatkan sengkalannya karena Album /lagu sudah jadi, . atau sengkalan yang dibuat oleh pujangga leluhur kita :untuk mengenang runtuhnya majapahit (Sirna Ilang Kretaning Bumi 1400).  ini semua menambah ruwet otak saya.

"Lha ini tahun baru, baru saja mulai kok ada sengkalannya?". begitulah pikiran yang mbulet dalam otak saya waktu itu. mumeeettt...

Ada apakah gerangan wahai semuut?

Iseng iseng saya ambil Al Qur'an karena saya beragama Islam dan saya cari Surat Semut (an Naml), saya baca beserta terjemahannya... barulah saya bisa tersenyum dan bergumam. "he he he he he ketemuuu... minimal buat saya sendiri".

Dalam Surat ini saya temukan Nabi Sulaiman seorang Raja besar dan kaya raya di Dunia waktu itu yang menguasai manusia dan Jin bersama bala tentaranya akan melewati lembah, beliau mendengar suara semut yang ketakutan akan terinjak-injak oleh bala tentara Sulaiman. maka Sulaiman memerintahkan pasukannya berhenti, karena beliau diberkati oleh Tuhan mampu mengerti bahasa hewan. beliau langsung Tersenyum bersyukur dan berdoa mendo'akan kedua orang tuanya:

"Robbii auzi'nii an asykuro ni'matakallati an'amta 'alaiyya, wa 'alaa waalidaiyya, wa an a'mala shoolihan tardloohu, wa ad khilnii birohmatika fii 'ibaadika shoolihiin."
yang artinya

“Ya Allah, selalu limpahkan petunjuk&ilham-Mu kepadaku untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orangtuaku dan untuk (selalu) mengerjakan amal soleh yang Engkau ridhai, serta masukkan aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang soleh.” (QS. Al-Naml: 19).

 Dan hanya di Surat An Naml jugalah Kalimat Bismillahirrohmaanirrohim terdapat di tengah surat. dituliskan oleh Sulaiman ketika menulis surat kepada Ratu Bilqis...

Begitulah cerita saya membuat judul tulisan ini dimulai dengan : Bismillah.
dan semoga inilah tahun awal Indonesia memulai babak baru, mari kita doakan Ibu pertiwi kita ini, semoga Tuhan meridloi dan memberi nikmat kepada seluruh rakyat Indonesia. amieeen.

Bismillah

Adpt Genk Kobra di Sorso
yang baru berani menuliskan di Blog ini ketika tahunnya sudah berjalan

8 comments:

Unknown said...

ddddd0924mac cosmetics,m a c cosmetics,mac makeup,maccosmetics.com,mac cosmetics outlet
ugg boots, http://www.uggbootscheap.eu.com/
cleveland cavaliers, http://www.cavaliersjerseys.net/
barcelona jersey, http://www.barcelonajerseys.net/
seattle seahawks, http://www.seattleseahawksjersey.us/
pandora charms, http://www.pandorajewelryoutlet.us.com/
ralph lauren, http://www.poloralphlaurenoutlet.it/
oakley sunglasses cheap, http://www.oakleysunglasses-wholesale.us.com/
prom dresses, http://www.cheap-weddingdresses.net/
manchester united jersey, http://www.manchesterunitedonline.com/
air jordan 4 retro, http://www.airjordan4.org/
cheap mlb jerseys, http://www.cheapmlbjerseys.us.com/
san francisco 49ers, http://www.sanfrancisco49ersjerseys.us/
puma sneakers, http://www.pumaoutletonline.com/
pandora charms, http://www.pandora.eu.com/
ghd hair straighteners, http://www.ghdhairstraightenerssale.co.uk/
ray ban, http://www.occhiali-rayban.it/
cheap oakley sunglasses, http://www.oakleysunglassescanada.com/

mirna fitriani said...

makasih gan infonya menarik sekali, mudah2an saja infonya bisa bermanpaat, amin.

mmjiaxin said...

michael kors outlet online
prada outlet online
hollister clothing
canada goose outelt
parajumpers outlet
air jordan 11
nfl jersey wholesale
ray ban outlet
rolex watches,rolex watches,swiss watches,watches for men,watches for women,omega watches,replica watches,rolex watches for sale,rolex replica,rolex watch,cartier watches,rolex submariner,fake rolex,rolex replica watches,replica rolex
canada goose jackets
nike foamposite
ugg boots
louis vuitton handbags outlet
michael kors handbags
tory burch outlet online
ray-ban sunglasses
cheap soccer jerseys
tods outlet
prada outlet
miami heat
mm1024

Apotek Herbals said...

Terimakasih, Semoga Bermanfaat

chenlina said...

chenlina20160219
soccer shoes
ugg sale
longchamp outlet
gucci handbags
toms outlet
tods outlet online
cheap air max
louis vuitton handbags
timberland outlet
michael kors outlet
p90x
michael kors outlet online
oakley sunglasses
louis vuitton outlet
abercrombie outlet
air jordans
ray ban sunglasses outlet
oakley sunglasses
ray ban sunglasses outlet
chanel outlet
ray ban wayfarer
coach factory outlet
michael kors outlet online
louis vuitton outlet
the north face
ugg outlet
ugg outlet
ugg boots
burberry outlet
michael kors outlet online
polo outlet
ugg outlet store
canada goose outlet
lebron shoes
replica watches
louis vuitton handbags
cheap ray ban sunglasses
canada goose outlet
oakley outlet
tory burch handbags
as

chenlina said...

chenlina20160329
louis vuitton
gucci belt
coach outlet online
nike sb janoski
air jordan shoes
louis vuitton handbags
giuseppe zanotti
toms wedges
true religion jeans outlet
tiffany and co
longchamp handbags
ray ban sunglasses outlet
ray ban sunglasses
louis vuitton purses
toms shoes
juicy couture
adidas originals shoes
louis vuitton handbags
cheap oakley sunglasses
air max 90
air jordans
coach factory outlet
louis vuitton outlet
coach factorty outlet
louis vuitton outlet stores
oakley outlet
louis vuitton outlet
christian louboutin shoes
the north face outlet
kobe 11
jordan retro 4
hollister outlet
michael kors handbags
christian louboutin sale
toms outlet
jordan 6s
nike huarache
ugg for cheap
louis vuitton outlet stores
ugg outlet
as

OBAT HERBAL ZAKAR BENGKAK SEBELAH said...

terimakasih gan atas informasinya sangat bagus sekali

Unknown said...

michael kors outlet
adidas ultra boost
jordan shoes
louis vuitton handbags
tiffany outlet
rolex watches
michael kors outlet online sale
burberry outlet online
louis vuitton
longchamp bags
ray ban sunglasses
christian louboutin flats
replica watches
louis vuitton outlet
jordan concords
kate spade
christian louboutin sale
kobe bryant shoes
coach outlet
michael kors outlet
coach outlet
cheap jordans
michael kors purses
ray ban wayfarer
burberry outlet
celine handbags
coach outlet store online clearances
nike air max 90
toms shoes
longchamp handbags
coach outlet store online
burberry outlet
tory burch outlet
louis vuitton
true religion jeans
nike factory outlet
christian louboutin shoes
adidas shoes
louis vuitton outlet
jordans
20167.29wengdongdong